Friday 18 June 2010

This Time I Need You To Be Stronger Than Me

Mungkin ini sulit dipercaya, tapi 80% tindakan saya ini didasarkan dari feeling yang saya rasain.
Feeling yang saya rasain ini ngasih tau saya bahwa "ada yang gak bener sama kandungan saya". Feeling yang saya rasain ini, semakin berasa justru karena saya gak ngerasain perubahan fisik/mental yang signifikan selama kehamilan ini.

Ya mungkin saya ngerasain gejala-gejala awal kehamilan kayak susah pup, emosi naik turun, ngantuk, payudara membengkak, kram-kram kecil di perut dan pastinya berentinya haid. Tapi saya gak ngerasa mual ataupunmuntah, dan yang menurut saya paling penting, saya gak ngerasain adanya suatu kehidupan yang tumbuh di dalam perut saya.

Dan karena feeling itupun akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke dokter 2 minggu lebih awal dari yang seharusnya dijadwalkan. Karena sebelumnya saya dan misua sudah berniat untuk ganti dokter, akhirnya kita memutuskan untuk dateng ke dr Achmad Mediana di KMC.

Bener aja, setelah di USG luar dan dalam, dokter bilang bahwa janin saya gak berkembang. Kesimpulan ini bisa dilihat dari ukuran janin yang gak sesuai dengan usianya dan gak adanya denyut jantung di usia kehamilan 8 minggu. Dan katanya kista saya menghilang.

Entah kenapa, saya seperti udah ada yang ngasih tau duluan jauh-jauh hari sebelum saya dengar berita ini dari dr Ahmad. Tapi tentu aja saya tetep mau positive thinking dulu dan memilih untuk gak cerita-cerita tentang kegelisahan saya ini, sebelum saya dapet konfirmasi resmi dari dokter.

Jadi ketika saya denger berita ini, saya udah gak kaget lagi. Pak dokter menyarankan saya kuret begitu saya sudah siap nerima kenyataan ini. Dia juga mempersilakan kita untuk nyari 2nd opinion kalo masih gak puas sama kesimpulan yang dia ambil. Tapi entah kenapa saya sudah sangat yakin dan pengen segera dikuret. Yang membuat saya menunda tindakan kuret bukan karena saya belum terima janin ini gak berkembang. Tapi justru karena beban mental yang harus saya tanggung ketika saya harus ngasih tau semua orang termasuk keluarga, teman dekat, kantor dan semua orang di dunia ini.

Berat rasanya harus menyampaikan berita buruk ke berbagai orang yang berbeda, berulang-ulang kali. Belum lagi meladeni reaksi-reaksinya. Misua di lain pihak kelihatan lebih terpukul dibanding saya. Mungkin karena kehilangannya itu sendiri, tapi juga mungkin karena biaya kuret yang ternyata lebih mahal dari dugaan. Bukannya saya gak ngebolehin dia untuk terpukul. Tapi saya gak menangis, bukan berarti saya gak sedih lho, dan bukan berarti saya gak butuh dukungan. Biar gimanapun juga saya butuh orang yang lebih kuat untuk menopang mental saya, karena toh nantinya saya juga yang harus merasakan kuret, apapun itu rasanya nanti. Kalau bukan dia yang memberi saya kekuatan, siapa lagi?

Untungnya proses mengunci diri misua gak berjalan terlalu lama. Setelah itu akhirnya kita bisa membuka diri dan memilih untuk menangis bersama di dalam pelukan. Dengan begitu, semua terasa lebih ringan dan solusi pun datang bermunculan satu per satu. Alhamdulillah.

Ternyata biaya kuret akan diganti kantor saya sebesar 80%, alhamdulillah itupun membuat 80% kekhawatiran kita sirna :'). Kita memutuskan untuk melakukan kuret pada saat gajian, tepat seminggu dari hari ini. Setidaknya kalau ada biaya-biaya yang tidak terduga, kita bisa lebih siap (walaupun katanya kakak ipar mau minjemin uangnya dulu). Dan waktu misua untuk nemenin saya juga lebih banyak karena dilakukan di hari Jumat. Sementara itu saya tetep ngantor seperti biasa dan berusaha nyelesain PR-PR di kantor sebelum saya tinggal cuti.

dr. Achmad ngasih saya resep untuk diminum sehari sebelum saya mutusin untuk kuret. Namanya cytotec. Katanya obat ini untuk bikin pendarahan, jadi nanti proses kuretnya bisa lebih mudah. Fiuhh... ngebayanginnya ntar aja deh.

Ya Allah, kalau memang ini yang terbaik, saya ikhlas kok :)

1 comment:

  1. sis kuret kena berapa??
    oya sis,,kamu minum chytotec mempan??? aku minum chytotec kok gak mempan" y... :s
    anakku udh byk bnget,,gak lucu kan klo setahun dapet 1..? ini baru kuret belom ada sebulan udah isi lagi... :'(
    biaya sekarang semua serba mahal, klo gak, aku gak bakal pernah mau bolak balek kuret... :(

    ReplyDelete