Sunday, 27 June 2010

RSPI, KMC, Gandaria

Sedikit intermezzo...
Selama beberapa minggu kehamilan saya kemarin ini, saya jadi banyak melanglang buana di dunia maya mencari referensi-referensi yang dibutuhkan untuk nyari dokter, rumah sakit, obat dan tips-tips terbaik. Dan dari review-review orang-orang di internet, akhirnya saya bisa menyortir dokter mana yang kira-kira cocok untuk saya dan dompet saya :). Makanya saya pikir, kayaknya review-review seperti ini bagus juga buat di-share :).

Sejauh ini saya baru pernah datang ke dua dokter yang berbeda.

Yang pertama:
dr. Sumanadi SpOG ONK
Dia praktek di RSPI. Katanya juga praktek di RS Asih dan Klinik pribadinya di Jln. Kenanga - Pondok Pinang. Tapi saya baru pernah datang ke RSPI saja. Selain karena lokasinya paling strategis dari rumah ke kantor, saya sudah biasa berobat ke sana.

dr. Sumanadi ini dokter yang melahirkan 3 dari 4 keponakan saya. dan 1 dari 2 keponakan misua. Menurut kakak-kakak saya, dia orangnya sangat ramah dan mau menjelaskan. Tapi entah kenapa, waktu saya ke sana, saya malah gak terlalu banyak dapet informasi. Mungkin harusnya saya lebih banyak bertanya sih, tapi dia pun sepertinya gak mau memberikan info apa-apa kalo saya gak nanya. Kan bahaya kalo saya kelupaan nanya. Apalagi saya orangnya emang lupaan. Mungkin karena sudah mulai berumur kali ya, jadi udah mulai gak seaktif dulu.

Sebenernya sih personally saya merasa dia dokter yang bagus. Tapi saya lagi butuh dokter yang lebih talkative dan mau menjelaskan panjang lebar kepada saya. Saya ini kan pemula, amatiran, masih butuh banyak info.

Biaya konsultasi di RSPI
dr. Sumanadi termasuk di dalam bagian Women & Fetal Diagnostic Center. Kata kakak saya sih soalnya dia memang spesialis kista. Harganya memang sedikit lebih mahal dari poli kebidanan dan tempat prakteknya memang terasa lebih premium.

Konsultasi OBGYN 270.000
USG 2D + Print 160.000
______
Total 430.000

Untuk konsultasi pertama, saya diberi obat:
Premaston 143.600 - untuk memperkuat kandungan
Folic Acid 2.880 - untuk tumbuh kembang syaraf otak

_________________________________________________________________

Yang kedua:
dr. Achmad Mediana SpOG
Praktek di Kemang Medical Care - Kemang (KMC), RS Gandaria dan Klinik pribadinya di Kemang. Sejauh ini saya baru datang ke KMC, karena gedungnya masih baru, modern dan dengar-dengar harganya belum terlalu mahal. Kalau lokasi, jujur memang agak saya paksakan sih :P.

dr. Achmad ini sepertinya memang lagi naik daun. Saya mulai ngeh keberadaan dia waktu kakak ipar saya melahirkan anak keduanya sama dia. Trus ternyata beberapa temen kantor saya juga ada yang datang ke dia. Menurut review yang saya dapat dari internet, juga dia terkenal sangat ramah dan talkative. Sesuai banget sama dengan kebutuhan saya. Kelemahannya hanya satu. Pasiennya banyak sekali, bahkan kalau kita mau konsultasi di RS Gandaria, kita harus booking minimal 2 minggu sebelum jadwal yang kita inginkan. Jadi emang harus banyak sabar mengantri kalau mau konsultasi dengan dia. Di KMC kita juga tetap harus booking dulu, tetapi masih lebih manusiawi, at least seminggu sebelumnya.

Setelah konsultasi dengan dr. Achmad, terbukti bahwa dia memang talkative. Dia menjelaskan panjang lebar kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, kenapa saya bisa punya janin yang gak berkembang. Walaupun pada dasarnya dia bilang, bahwa ini adalah faktor alam. Dia juga mengutamakan pasien-pasien dengan kasus-kasus khusus. Seperti saya misalnya. Saya memutuskan untuk kuret hari Jumat tanggal 25. Ternyata waktu saya bilang ke KMC, mereka bilang kalau dr Achmad akan cuti dari tanggal 25 - 27 dan saya sempet stress karena terpaksa harus reschedule lagi rencana kuret saya. Tapi waktu saya telpon dia, dia malah menyanggupi melakukan kuret tgl 25, pagi hari jam 6 tanpa banyak ba-bi-bu.

Biaya konsultasi di KMC
Konsultasi OBGYN 225.000
USG 2D + print 150.000
______
Total 375.000

Untuk konsultasi pertama, saya kena biaya administrasi untuk bikin kartu dan bayar kondom karena kebetulan waktu itu USG vaginal juga.
Kondom Durex 2.700
Kartu Pasien 15.000


Sempet tanya-tanya, untuk:
USG 3D+print 400.000
USG 4D+CD/print 700.000

Basically dari biaya dua RS ini sih mirip-mirip ya. Ada plus minusnya dua-duanya. Tergantung kebutuhan dan mana yang lebih nyaman di hati aja.


Oh ya,
Sempet nanya-nanya juga di RS Gandaria via telpon :P

RS Gandaria
Konsultasi OBGYN 150.000
USG 2D+print 430.000
USG 4D+print 505.000

Mmm... harganya emang agak janggal sih ya. Enggak tau juga sih benernya gimana, karena saya belom sempet kesana. Tapi mungkin kalo cuma konsultasi aja, enak di Gandaria karena jauh lebih murah. Tapi kalau emang mau pake USG 2D, mending ke KMC aja deh kayaknya. Karena selain lebih nyaman, harganya ternyata gak beda goceng :P

No comments:

Post a Comment

Post a Comment