Friday 25 June 2010

Bye com-com :')

Saya, mama dan misua sampai di KMC jam 4 pagi. Sampe sana resepsionisnya lagi tidur di sofa :P. Pantes dari tadi saya telponin ga ada yang ngangkat. Si misua disuruh ngurusin administrasi, sementara saya sama mama langsung digiring ke lantai dua a.k.a ruang bersalin. Saya langsung digantiin semacam baju untuk operasi/bersalin, tapi modelnya kayak daster, lucu deh :). Secara sugesti saya udah ngerasa tenang karena saya udah sampe di rumah sakit.

Saya dimasukin ke ruangan (yang kayaknya) buat nunggu bersalin. Di dalemnya ada beberapa tempat tidur dibatesin pake gorden. Di seberang tempat tidur saya, kayaknya juga ada ibu hamil yang lagi nunggu pembukaan. Trus salah satu bidan dateng ke saya dan bilang "cek dalem ya". Saya cuma bisa bengong sambil pasrah. Gimana caranya coba orang lagi pendarahan gitu mau cek dalem. Tapi ya ternyata kejadian juga :|. Dari rabaannya itu dia sempet bilang "wah iya nih udah pembukaan satu. nih janinnya berasa. kecil... panjang...". Saya udah gak sempet sedih lagi dia ngegambarin janinnya di depan muka saya. Saya udah cukup pasrah dan terheran-heran ngebayangin saya ngalamin pembukaan, "emang pembukaan 1 rasanya kayak apa ya? kok tiba-tiba udah pembukaan 1 aja".

Abis itu saya diukur tekanan darah: 100/69, suhu tubuh:36,5'C.
Kata salah satu susternya, dr. Achmad udah ditelpon. Dan kuret tetap mulai jam 6 pagi. Jadi artinya saya masih harus nunggu 1 1/2 jam lagi. Kesian mama, pasti ngantuk dan pegel banget itu :(. Gak lama setelah itu suster dateng bawa-bawa jarum infus, buat saluran bius saya katanya. Jujur ini pengalaman pertama saya dimasukin jarum infus yang besar itu. Agak deg-degan juga. Mana ternyata si suster 1 gak jago-jago amat lagi nyari nadinya, abis dia masukin jarumnya, tangan saya dipletat-pletot eh trus dia bilang, "yaaah lari nih nadinya". Yaaah capedeh... Jadinya percobaan pertama di tangan kiri gagal. Dia malah nyalahin tangan saya yang gemuk. siaul. Akhirnya masuk suster 2, yang nyoba di tangan kanan saya, gak sampe beberapa detik langsung dapet. Fiuh.

Jam 1/2 6 saya disuruh pindah tempat tidur dan didorong keluar dari ruangan yang tadi. Saya gak tau saya dibawa kemana, soalnya yang saya liat cuma langit-langit dan lampu, dan sesekali pintu yang saya lewati. Pas sampai di ruangan operasi saya disuruh pindah tempat tidur lagi ke 'tempat tidur operasi'. Disitu saya kepala saya dipakein sejenis 'shower cap' gitu, idung saya dipakein selang buat saluran oksigen, jempol saya dijepit buat tau denyut nadi kayaknya, tangan saya dipakein alat tensi darah yang mompa secara otomatis setiap beberapa menit sekali. Ruang operasinya dingin banget, badan saya sampe gemeteran karena kedinginan. Untung dikasih selimut sama susternya, tapi tetep aja masih gemeteran.

Jujur ini pengalaman pertama saya masuk ke ruangan operasi. Saya sendiri gak mau ngebayangin gimana nanti proses kuretnya. Teori saya, kalau cuma buat saya makin takut, buat apa dibayangin. Semakin takut biasanya rasa sakitnya semakin berasa, sebaliknya kalo kita tenang dan berpikir positif untuk sembuh, kita malah gak akan berasa apa-apa. Just a theory lho, saya kan suka sotoy :P.

Sekilas saya liat jam di dinding udah jam 6 kurang 10. Gak lama abis itu dr yang memperkenalkan dirinya sebagai dokter anestesi mulai masukkin beberapa cairan ke saluran infus saya. Dia bilang bakalan dingin, dan saya ngerasa tangan saya emang jadi dingin. Trus saya malingin muka saya ke lampu bulat raksasa yang di atas saya, abis itu saya mengedip.

Begitu buka mata, saya udah ada di ruangan lain. Kayaknya sih ruangan pemulihan. Suster-suster yang tadi masih ada, ngobrol. Di luar jendela juga udah mulai ada matahari. Tapi saya ngantuk banget, jadi saya tidur lagi. Setelah saya bangun kedua kalinya si suster bilang kalo operasinya udah selesai. Dan dia manggilin misua buat masuk.

Alhamdulillah semua berjalan lancar dan gak ada rasa sakit sedikitpun yang saya rasain. Bahkan efek obat bius yang katanya bikin pusing pun gak saya rasain. Cuma ngantuk aja. Rasanya bener-bener sekejap. Alhamdulillah ya Allah.

Saya pulang dengan membawa 3 obat dari resep dokter, 1 rangkap kuitansi untuk di reimburse, 1 bungkus maternity pad dan 1 lembar kertas keterangan istirahat yang diisi dokter untuk 1 bulan. Whoa... gimana cara bilangnya ya ke pak bos huhuhuhu. Begini nih kalo kerja di iklan. Beban mentalnya gede banget. Orang sering terheran-heran dan bilang "gila ya dedikasi lo ke kerjaan tinggi banget". Padahal mah sebenernya ini bukan masalah dedikasi, cuma emang mau gak mau aja. -__- macam kontrak batin aja, udah tau sama tau. Resiko kerja di iklan ya 70% hidup memang udah harus direlain buat kerjaan. Sekarang giliran kayak gini saya pusing 7 keliling deh. Boro-boro mikirin istirahat, saya lebih pusing gimana caranya bilang ke pak boss kalo saya harus cuti 1 bulan. Kalopun gak dipecat, mungkin saya bakalan dimusuhin orang sekantor kali ya, karena ngoper-ngoper kerjaan saya yang banyak itu ke mereka. Huhuhu. Maap ya jadi curcol.

btw,
proses kuret saya itu ternyata lebih murah dari yang saya kira. Lumayan, jadi gak keluar duit terlalu banyak. Sekitar 4,3 juta. Anehnya temen saya dikuret di tempat yang sama dengan dokter yang sama kena sampe 5,2 juta. Dan temen misua kena 5 juta. Saya gak tau deh beda di mananya.

Ini obat-obat yang harus saya minum:
Amoxsan - untuk antibiotik
Methergin - untuk infeksi
Tramal - untuk nyeri di perut
Ketiganya diminum 3x sehari sampai 3 hari.
Setelah itu saya kontrol lagi ke dr minggu depan, Jumat, 2 Juli 2010 jam 17.00.

Sementara ini sih saya katanya gak boleh banyak gerak, supaya gak memperparah sisa pendarahan. Huhu

No comments:

Post a Comment