Wednesday 2 June 2010

Our First Visit to The Doctor


Saya lumayan tenang pagi itu...
Udah kebayang sih bakal ditanyain apa aja sama susternya, kebayang muka dokternya dan para pasien lainnya yang pastinya pada sinis liat saya. Bukan karena saya cantik kayak supermodel loh. Tapi karena muka saya dan misua masih kayak abg labil :D. Salah-salah orang bisa aja ngirain kita MBA. Tapi untungnya bukan yaaa, jadi lebih siap mental deh buat diliatin dan ditanyain macem-macem :p.

Kita sepakat buat dateng ke dr. Sumanadi di RSPI. Dia adalah dokter yang ngelahirin 3 dari 4 keponakan saya, dan 1 dari 2 keponakan misua. Jadi untuk masa-masa 'gak sabar cari konfirmasi' gini, kita pikir gak usah terlalu picky dululah cari dokter, yang penting terbukti aman dan jadwal prakteknya memungkinkan.

Pas dateng, udah ada 2 pasien yang nunggu. Saya langsung ke meja registrasi, nemuin susternya...

Suster: Ya, bisa saya bantu?
Saya: Eerrr.. mau cek kehamilan mba

Suster: Sudah menikah?
Saya: Udah

Suster: Udah berapa lama?
Saya: Umm kurang lebih 1,5 tahunlah mba

Suster: Usia?
Saya: 27

Suster: Terakhir menstruasi kapan?
Saya: Mmmm... Lupa! Heheu

Suster: Udah coba pake test pack?
Saya: Udah

Suster: Hasilnya?
Saya: Positif

Suster: Coba ditimbang dulu ya.. (ternyata 55kg!). Emang gak berasa mba timbangannya naek? *sambil senyum-senyum
Saya: Saya emang makannya banyak sih mba. Jadi saya kira emang naek aja. :P

Suster: *ngecek tensi darah. 110/70 ya. Nanti tunggu dipanggil ya mba
Saya: Oke

hi there, baby
nice to meet you :)

Setelah nunggu sekitar satu jam-an, akhirnya saya dipanggil masuk ke dalam ruangan pak dokter. Di dalamnya ada meja konsultasi dan tempat tidur setengah duduk. Di sebelah tempat tidur ada sebuah mesin gede, yang saya rasa adalah mesin usg. Dokternya belom ada, baru susternya. Dia nyuruh saya untuk langsung berbaring di tempat tidur itu.

Nungguin dokternya dengan posisi pasrah kayak gitu bikin makin deg-degan aja. Untung gak lama abis itu dokternya dateng. Langsung naro gel ke alat yang mirip scanner supermarket itu, trus ditaro ke perut saya. Entah apa yang ia lakukan, saya sebenernya masih gak mudeng... klik sana, klik sini ... trus langsung bilang... "iya nih, bener kamu hamil. Tuh udah ada kantongnya, titik di dalem situ itu yang bakal jadi calon janinnya" kata si dokter sambil ngarahin kursor di layar.

Yang ada saya cuma bisa bengong. Bukannya gak seneng... cuma bener-bener speechless, gak nyangka hal seperti ini bakal nyampe juga ke pangkuan saya. Yang selama ini cuma ngayal-ngayal doang "what if, what if"... sekarang bener-bener kejadian dan saya ternyata gak ngerti harus berekasi kayak apa. This is really happening... wake uuuup!!! :D

Si dokter menyadarkan saya dari kebengongan "udah jalan 6 minggu nih, selamat ya!". Trus bodohnya satu-satunya kalimat yang keluar dari mulut saya justru "serius nih dok?" hahahaha. Saya kira saya bakalan menangis terharu sambil memegang erat tangan misua kayak di pelem-pelem. Ternyata jauh sekali dari perkiraan... hahahaha. Si dokter trus ngasih resep obat Premaston 5mg untuk memperkuat kehamilan dan Folic Acid buat merangsang pertumbuhan sel otak dan alat-alat vital lainnya. Dia juga ngasih surat pengantar untuk cek darah. Kalo ngeraba-raba tulisannya sih, kayaknya tes TORCH dll itu sih. Saya pun nurut-nurut aja, mengangguk-angguk dan melengos pergi sambil bilang terima kasih. Segitu banyak pertanyaan yang saya kira bakal saya tanyain ke dokter, buyaaar semuanya.

Beginilah nasib amatiran -___-
Besok-besok harus terlihat lebih profesional ah.


btw, ternyata pas usg, si dokter nemuin kista di rahim saya. Katanya sih ukurannya relatif kecil, 3 cm dan gak berbahaya, jadi gak akan mengganggu. "Nanti bisa sambil dipantau juga kok" katanya. Dia sih keliatan santai-santai aja, walaupun saya sempet syiok dan campur aduk rasanya, karena nerima dua berita baik dan gak begitu baik dalam waktu yang bersamaan. Tapi let's be positive aja deh ya. Insya Allah memang bener ga apa-apa :).
Bismillah.

No comments:

Post a Comment