Friday 25 June 2010

When the Blood Flows





Sesuai dengan rencana semula, saya akan melakukan kuret hari Jumat, tanggal 25 Juni 2010, jam 6 pagi. Sehari sebelumnya saya dan misua udah cuti dari kantor dan mulai minum cytotec setiap 8 jam sekali, selama 3x dalam 1 hari. Kita berdua jaga-jaga aja, karena katanya efek cytotec di orang berbeda-beda. Kalo ternyata saya minum satu trus langsung pendarahan, artinya saya harus langsung buru-buru ke rumah sakit.

Saya minum cytotec jam 4 pagi, jam 12 siang dan jam 8 malem. Sesudah itu saya harus puasa selama 8 jam, untuk proses kuret jam 6 pagi keesokan harinya. Ribet ya?


Anyway,
Dari hasil minum cytotec yang pertama, belom terjadi reaksi apa-apa sama tubuh saya. Mungkin karena ngantuk juga kali ya, minumnya jam 4 pagi. Abis itu langsung tidur lagi dan bablas sampe besokannya. Mungkin kalopun ada mules-mules sedikit, langsung ketiban rasa ngantuk sih kayaknya.

Dari hasil minum cytotec kedua, jam 12 siang, perut mulai berasa aneh. Tapi bukan mules kayak mau 'dapet' seperti yang orang-orang bilang itu. Tapi lebih kayak orang sakit maag. Sakit nyedot di ulu hati, ditambah perut sebah, gassy, bawaannya kentut terus dan gelege'an. Berasa perut saya rasanya makin membesar dan keras karena banyak anginnya. Saya jadi bingung. Ini emang reaksi yang seharusnya, atau saya emang kebetulan lagi masuk angin aja ya?


Dari hasil minum cytotec yang ketiga, jam 8 malem, akhirnya keluar sedikit banget flek pas saya lagi pipis. Saya sambil sok tau mikir... "oh begini toh yang dibilang pendarahan itu". Saya pikir, insya Allah amanlah sampe besok. Akhirnya saya mules juga menjelang tidur jam 11an. Tapi emang mulesnya emang gak terlalu signifikan sih. Rasa sakitnya masih dalam itungan normal. Jadi akhirnya saya tidur aja. Gak lupa, saya juga pake pembalut, kali-kali darahnya semakin banyak.

Tapi tidur saya malem itu sebenernya gak terlalu nyenyak. Mungkin karena perut sebah tadi ya. Jadi di antara tidur, saya emang ngerasa darah ngalir keluar sedikit demi sedikit. Tapi saya pikir, kan saya pakai pembalut, jadi saya biarin aja. Tapi semakin malam, darah yang mengalir rasanya semakin banyak. Saya iseng meraba celana saya, dan ternyata jari saya sudah meraba darah. Saya langsung ke kamar mandi dan duduk di toilet. Semakin banyak lagi darah yang keluar, encer dan kali ini terasa ada gelembung-gelembung besar yang ikut keluar. Ini toh yang namanya pendarahan!

Saya panggil si misua, dan bertanya enakan langsung ke rumah sakit atau nunggu sesuai jadwal. Maklum saat itu sudah jam 3 pagi, sedangkan harusnya saya berangkat dr rumah jam 4 pagi, supaya sampai KMC jam 5 tepat. Beda waktunya hanya 1 jam, saya jadi bingung. Akhirnya saya coba sms dr. Achmad, tapi gak dibales. Saya coba ganti pembalut, kali ini lapis 3. Berharap kalo setelah ini pendarahannya mereda, saya bisa berangkat sesuai jadwal. Tapi ternyata gak sampai 5 menit, pembalut saya sudah bocor lagi. Ya sudah ga ada pilihan lagi, saya bangunin mama dan langsung bergegas ke KMC.

1 comment: