Thursday 1 July 2010

Jaka Sembung Bawa Golok

Kalau boleh, saya hari ini mau marah-marah.


Seperti yang sudah diinfokan susternya begitu saya selesai kuret. Dia bilang saya dijadwalkan untuk kontrol lagi ke dr. Achmad tepat seminggu dari hari Jumat kemarin, yaitu tanggal 2 Juli 2010 jam 17.00. Sebagai orang yang baru sadar dari bius total, tentu saya ngangguk-ngangguk aja. Dia bahkan nulis langsung tanggal dan jam kontrolnya di sebuah kertas yang katanya nanti harus saya bawa pas saya kontrol. Jadilah saya yakin banget kalau nanti saya tinggal dateng ke KMC hari Jumat jam 5 sore.

Kemarin saya ditelpon (tapi tidak sempat saya angkat karena lagi tidur), dan di SMS dari pihak KMC yang memberitahu kalau hasil patologi saya sudah selesai dan bisa ditanyakan ketika saya kontrol. Karena saya pikir agak konyol membalas SMS dari nomor rumah sakit dan tidak tahu siapa nama orang yang meng-SMS, akhirnya saya memutuskan untuk menelpon langsung KMC untuk mengkonfirmasi hasil patologi saya tersebut.

Begitu tersambung, saya langsung berbicara dengan seorang mas-mas (saya lupa nanya namanya). Saya tanya tentang hasil patologi saya tersebut, tapi dia menjawab enteng dan bilang wah saya kurang tahu tuh, harusnya ibu hubungi lantai 2. Lah dalem hati saya, situ kan resepsionis, harusnya dia kan yang nyambungin saya ke lantai 2, atau paling gak ngomongnya lebih enakan dikit gitu. Mana saya tau kalo nanya begituan harus nanya ke lantai 2. Sepele sih, cuma bikin kita yang tadinya biasa-biasa aja jadi ikutan nyolot.

Akhirnya saya bilang sama dia, ya udah deh mas, nanti saya tanya sama lantai 2. Tapi sekarang mumpung saya nelpon nih, sama mau konfirmasi jadwal kontrol sama dr Achmad hari Jumat besok ya, jam 5. Minggu lalu saya kuret, dan saya dijadwalin untuk kontrol jumat besok jam 5 sore.

Mas: Mmmm... namanya siapa bu, nomor kartu?
Setelah saya bilang nama dan nomor kartu saya
Mas: Waduh maaf nih bu, tapi nama ibu belum terdaftar di sini
Saya: Laaaah gimana sih mas? Waktu itu katanya saya udah dijadwalin untuk kontrol hari Jumat jam 5 sore. Komplit banget lagi tuh pake jamnya segala, saya kira saya bisa langsung dateng.
Mas: Iya ibu, tapi peraturan di sini, walaupun ibu kuret di sini, ibu tetep harus daftar lagi ke kita.
Saya: Ya kalo emang peraturannya gitu, jelasin yang bener dong mas. Kalo saya dikasih tau dari waktu itu kalo saya harus daftar lagi, ya saya pasti udah daftar lagi dari kapan tau. Emang saya ikut training di situ apa bisa tau prosedur-prosedur kayak gituan. Kalo ga dibilangin, ya mana saya tau!
Mas: (tetep ga menyelesaikan masalah) iya, tapi peraturannya memang begitu ibu.
Saya: Trus sekarang solusinya apa? Saya bisa dateng kontrol kapan jadinya?
Mas: Waduh... selasa penuh... rabu juga penuh, ya paling jumat depan nih bu.
Saya: Trus saya harus mundur seminggu dari jadwal diharuskan. Kalau saya sampe kenapa-kenapa di antara waktu itu gimana mas?
Mas: Ya kalo mau ibu telpon dr Achmad aja langsung. Kalau saya gak berani nambah-nambahin pasien lagi.
Saya: Ya udah masukin aja saya di jumat depan, nanti saya coba tlp dr Achmad. Pokoknya saya cari yang paling cepet aja deh.
Mas: Baik bu.
Saya: (Masih belom puas ngomel) Mas, lain kali tolong ya pasiennya dikasih informasi sejelas-jelasnya. Kalau secara lisan gak bisa konsisten, bikin peraturan tertulis atau apa kek, jadi kita juga gak merasa dirugikan karena hal-hal sepele kayak gini.

Bukannya apa-apa, saya ngerti kok tiap rumah sakit punya aturannya masing-masing. Nah tapi kan justru karena aturan yang beda-beda itu, kita perlu dikasih tau sejelas-jelasnya, gimana sebenernya aturan di rumah sakit itu. Supaya kita juga bisa ngikutin aturannya dengan bener.

Bukannya apa-apa, ini udah kali kedua sama sebel sama KMC gara-gara resepsionisnya.

Yang pertama, pas saya mau daftar dr. Achmad pertama kalinya.

Saya: mba, Jumat ini saya bisa daftar dr Achmad ga?
Mba: wah udah penuh tuh mba
Saya: Kalo minggu depan?
Mba: Nah kalo minggu depan masih kosong nih mba. Mba malah bisa milih mau dateng jam berapa. Walaupun nanti tetep sistem siapa dateng duluan, masuk duluan sih mba.
Saya: Oh gitu? Kalau gitu jam 6 deh mba.
Mba: Oke. Namanya siapa mba? Nomor kartu?
Saya: Nanda. Pasien baru mba.
Mba: Oh ya udah nanti pas dateng bikin kartu baru ya mba, biayanya 15.000. Nomor yang bisa dihubungi?
Saya: xxxxxxxxxx
Mba: oke mba, nanti langsung dateng aja ya.

Seminggu kemudian, hari Jumat siang, saya iseng nelpon KMC mau konfirmasi.

Saya: mba, saya mau konfirmasi ya. Nanti saya mau konsultasi dengan dr Achmad jam 6
Mba: sebentar ya mba. Namanya?
Saya: Nanda
Mba: Maaf mba, di sini nama mba belom terdaftar.
Saya: Laaaaaaaah? Gimana sih mba??? Saya udah daftar dari minggu lalu loh mba. Malah waktu itu saya pake ditanyain mau yang jam berapa konsultasinya, karena masih kosong. Gimana sih mba? Untung saya pake nelpon dulu. Kalo saya langsung dateng trus tiba-tiba ternyata saya gak terdaftar gimana???
Mba: Iya di sini adanya pasien namanya Naya.
Saya: (Bengong. Ya mungkin aja ada pasien namanya Naya. Saya gak mau juga ngaku-ngaku itu nama saya). Ya saya gak mau tau mba, pokoknya minggu lalu saya udah daftar atas nama Nanda. Kalo ternyata waktu itu mba salah nulis atau lupa nulis nama saya, ya saya gak tau deh harus gimana lagi...
Mba: Ya udah, nanti saya coba cek dulu ya mba. Nanti saya coba hubungin mba lagi. Nomor tlpnya berapa?
Saya: xxxxxxxxxx

5 menit kemudian mba-nya tlp lagi.

Mba: Iya mba Nanda, bener mba terdaftar konsultasi sama dr. Achmad hari Jumat jam 6.
Saya: Tuh kan bener mba. Huuu... gimana sih. Trus bener ya, nanti saya dateng pasti udah didaftarin. Jangan sampe nanti saya dateng taunya nanti disuruh pulang lagi nih mba.
Mba: Iya bener kok mba.

See... hal-hal sepele kayak gitu kan bikin saya jadi buang-buang energi marah-marah siang bolong. Padahal harusnya kan kalo well organized gak perlu kayak gini-gini amat. Dan kalo ternyata saya beneran gak bisa konsultasi hari itu karena kelalaian mbanya, artinya kan saya rugi gak cuma sehari dua hari, tapi seminggu lho.

Saya sebenernya berharap banyak sama KMC karena secara facility mereka memang oke banget. Kalo saya nanti insya Allah hamil lagi, saya juga pengen melahirkan di sana. And to be really honest, suster-suster yang kemarin nanganin saya langsung waktu saya dikuret memang sangat baik dan helpful. Tapi kalo gak mau ujungannya ngomel-ngomel seperti saya, sebaiknya confirm dan re-confirm deh masalah jadwal konsultasi, biar tenang. Karena unexpected things might really happen down there. Mungkin salah saya juga kurang teliti dan parno. Tapi saya mengharapkan dari mereka juga ada perbaikan.

Okay, no hard feelings ya KMC. I'm just trying to be honest here. And I hope you take my critics as a motivation to do improvements here and there.


*Tadi dr Achmad bales SMS saya dan bilang saya besok tetap datang ke KMC jam 5 sore. Fiuh. Untung dokternya baik dan pengertian. Saya gak jadi buang waktu dengan percuma.

No comments:

Post a Comment