Friday 2 July 2010

Kontrol Pasca Kuret

Ada beberapa orang yang mempertanyakan kesimpulan dokter saya tentang faktor "seleksi alam" yang terjadi sama janin saya. Beberapa dari mereka kayaknya gak terima kenapa seorang dokter gak bisa ngejelasin secara medis, apa yang sebenarnya terjadi sama kehamilan saya.

Jujur saya gerah denger komen-komen seperti itu. Saya tau sih mereka gak ada niat untuk ngejatohin mental saya. "mereka cuma mau ngasih tau yang terbaik buat saya". Cuma saya juga gak nyangka, ternyata omongan-omongan seenteng itu bisa bikin hidup saya semakin berat.

Setelah seminggu saya dikuret, mereka selalu ngingetin saya untuk minta penjelasan ke dokter sejelas-jelasnya mengenai keadaaan saya. Apa saja yang harus saya lakukan supaya suatu saat saya hamil lagi, hal ini gak terjadi lagi. Baik sih memang, saya sendiri gak nyangka hal seperti ini bisa jadi beban mental buat saya.

Tadi saya ke dokter lagi untuk kontrol. Saya pikir, sudah cukuplah drama seru saya pas harus daftar dokter di KMC kemarin. Ternyata hari ini gak kalah serunya.

Dimulai dari misua yang telat jemput saya karena asik-asik download film sepeda. Bukannya apa-apa, saya padahal udah wanti-wanti sama dia, kalo kita jangan sampe telat ke dokter. Pertama gak enak sama dokternya, trus kita ngantrenya bisa makin lama, ditambah hari ini Jumat dan mau ujan, kalo macet pasti gak tanggung-tanggung. Jadilah saya manyun pas tau misua telat.

Sampe KMC, ternyata nama saya belom didaftarin. Gak tau mas-mas yang kemaren BT sama saya, trus pura-pura kelupaan masukin nama saya atau gimana, saya gak ngerti deh. Pokoknya saya udah males marah-marah dan ngomong yang perlu-perlu aja sama resepsionisnya, tentu aja gak pake senyum. Untung akhirnya tetep bisa masuk.

Ga lama nunggu, akhirnya nama saya dipanggil juga. Ketemu sama dokternya, dicek dalem... dan akhirnya saya dinyatakan bersih. Hasil patologinya bilang bahwa janin saya gak berkembang karena gak ada pembuluh darahnya. Tapi ini artinya bukan sesuatu yang membahayakan. Bukan juga gejala tokso, rubella dll karena biasanya kalau kasus itu janin tetap berkembang, tapi ada yang tidak sempurna. Ini kemungkinan besar memang bad chromosome dan mungkin banget terjadi sama siapa aja. Kalo kata dokternya, inilah yang dibilang sebagai 'seleksi alam'. Gak ada obat yang harus saya minum, gak ada makanan khusus yang harus saya makan dan sebagainya. Saya boleh mencoba hamil lagi setelah saya haid 1x. Dan apabila hal ini terjadi lagi, maka saat itulah dokter bilang saya dan misua perlu tes kromosom.

Jujur saya sangat percaya dengan kebesaran Allah SWT dan saya percaya dengan penjelasan dokter yang menurut saya masih bisa diterima oleh akal sehat. Jadi saya percaya dengan apa yang namanya seleksi alam. Sekarang saya ikhlas seada-adanya, dan Insya Allah besok-besok pun saya masih ikhlas. Yang saya gak mengerti adalah... bagaimana caranya menjelaskan ini kepada orang-orang yang gak puas dengan penjelasan dari dokter saya ini.

Akhirnya saya pulang dengan perasaan campur aduk. Sebel sama misua yang cuma mikirin sepeda, seneng karena secara fisik saya udah dinyatakan pulih, kesel karena saya masih punya beban untuk ngejelasin semua ini ke orang-orang itu dan sedih karena gak tau harus numpahin semua ini ke siapa.

Jadilah saya nangis sesenggukan semaleman penuh tanpa tidur dan hanya memeluk guling. Rasanya lebih sedih daripada kehilangannya itu sendiri. Hati saya rasanya mau meledak, gak ngerti harus minta tolong ke siapa. Apa masih perlu, saya ngejelasin semua itu ke mereka dan berusaha ngeyakinin mereka kalau mereka kalau kenyataannya ya memang seperti ini.

Ini kan badan saya, rumah tangga saya, kehilangan saya, sedih saya. Sebenernya saya gak punya kewajiban apa-apa untuk ngejelasin apapun ke mereka. Tapi gak tau kenapa saya ngerasa helpless banget. Saya lagi gak punya kekuatan untuk bikin benteng sendiri.

Dan sayangnya saya akan terus berhubungan dengan mereka. Saya gak bisa pura-pura gak denger dan tersenyum terus. Gak boleh juga saya marah-marah di depan mereka, karena nanti dibilang gak sopan. Pahit itu harus saya telan bulat-bulat.

Ya ampun cengeng sekali saya. Apa emang dokter udah tau hal-hal seperti ini mungkin terjadi, makanya dia ngasih saya cuti yang lumayan panjang ya... Ternyata pemulihan mental pasca kuret jauh lebih berat ketimbang pemulihan fisik. Dan sayangnya gak ada obatnya. :(

Kayaknya saya harus banyak bersabar aja...

2 comments:

  1. wah postingan yg setahun yg lalu ya tp kebetulan saya lagi cari artikel tentang kuret karena kemarin saya abis dikuret jadi saya merasakan apa yg ibu tulis :) rasanya memang berat, terkadang lebih berat menghadapi orang sekitar daripada diri sendiri. kalau boleh tau bagaimana kondisi ibu sekarang, sudah hamil lagikah?

    ReplyDelete
  2. Ngerasain banget... hal terberat adalah ketika kita sendiri baru bisa meyakinkan diri untuk menerima tetapi disaat yang sama kita diminta untuk meyakinkan orang lain juga. padahal itu bukan kewajiban kita kan? hhmmm...
    thanks for sharing.

    ReplyDelete